Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Jumat, 28 April 2017

Google dan Facebook Raih Pendapatan Terbesar dari Iklan Digital

JAKARTA, ASPEKTI- Pemasangan iklan digital pada 2016 naik 22% dibanding tahun sebelumnya, dan tembus US$72,5 miliar atau sekitar Rp 965 triliun.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (28/4/2017), menurut data yang dirilis The Internet Advertising Revenue Report pada Rabu (26/4/2017), raksasa teknologi Google dan Facebook kembali membukukan pendapatan terbesar dari iklan jenis ini.

"The Internet Advertising Revenue Report menekankan migrasi konsumen dari media tradisional, seperti televisi, ke platform online dan smartphone. Perubahan ini membuat perusahaan digital bersaing memperebutkan porsi lebih besar dari iklan dolar," ujar media tersebut.

Meski demikian dikatakan, iklan digital dan televisi bukanlah perbandingan yang sepadan.

Analis untuk Pivotal Research Group menulis, walau iklan digital mengguyur deras sebanyak US$69 miliar dibelanjakan di iklan televisi Amerika pada 2016, itu bukan mengambil iklan dolar seperti banyak perkiraan analis.

“Pengiklan umumnya mengalokasikan anggaran digital ke iklan video dan unit-unit tanpa perlu berimbas pada belanja televisi sekalian atau lainnya,” demikian ditulis analis tersebut.

Peningkatan belanja iklan ini, yang didominasi lagi oleh Facebook dan Google, terjadi ketika pemasang iklan makin hati-hati tentang di mana iklan mereka akan muncul secara online dan bagaimana efektifnya bagi penjualan mereka.

Facebook dan Google menyumbangkan 99% pertumbuhan industri ini. Artinya, menurut Pivotal Research, pendapatan iklan hampir setiap orang lain di ekosistem digital landai atau menurun dibanding tahun lalu.

YouTube sedang dilanda boikot iklan di video mereka setelah beberapa perusahaan, seperti Verizon Communications Inc dan Johnson & Johnson, menemukan munculnya iklan mereka berdampingan dengan konten ekstremis dan kebencian.

Tahun lalu juga menunjukkan Facebook mengakui serangkaian kesalahan pengukuran terkait dengan data yang diberikan kepada pengiklan ihwal jumlah orang yang menonton iklan video mereka.(man)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview