JAKARTA, ASPEKTI.ORG- Apa yang biasa Anda lakukan di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM)? Kebanyakan nasabah biasanya akan menjawab menarik uang, transfer dana, hingga melakukan pembayaran tertentu.
Fungsi-fungsi semacam itu memang tidak banyak berubah sejak mesin ATM diperkenalkan untuk pertama kali. Namun ada beberapa fungsi di mana nasabah harus datang ke bank, seperti mengurus pinjaman, kartu kredit, dan sebagainya.
Nah, NCR, salah satu perusahaan pengembang ATM, baru saja berinovasi dengan mesin barunya yang diberi nama SelfServ80. Melalui mesin tersebut, nasabah dikatakan sudah tidak perlu lagi ke bank. Kok bisa?
Ketimbang hanya digunakan untuk menyetor atau menarik uang, mesin tersebut ternyata bisa digunakan untuk konferensi video dengan teller, seperti yang biasa dilakukan nasabah di bank.
Layar sentuh di mesin ATM berbentang 19 inci membuat pengguna seperti berhadapan langsung dengan pegawai bank. Mengajukan kartu kredit dan wawancara pinjaman uang secara teori bisa dilakukan melalui perangkat ini, melalui sambungan konferensi video Skype yang terpasang di mesin.
Sebagaimana KompasTekno rangkum dari BGR, Senin (20/2/2017), dengan ATM berkemampuan konferensi video ini, pihak bank bisa saja menawarkan layanan yang lebih panjang dari waktu operasional biasanya.
Selain itu, mesin semacam ini dikatakan bisa mengurangi antrean di bank fisik.
Menariknya, mesin ATM SelfServ80 dikatakan sudah bakal hadir pada tahun ini juga. Menurut NCR, beberapa bank besar di seluruh dunia sudah memesan perangkat tersebut. (sumber: kompas)
0 komentar:
Posting Komentar