Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Kamis, 30 Maret 2017

2018, Kementerian Kominfo Lelang Pengadaan Satelit

JAKARTA, ASPEKTI- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, Pemerintah membangun jaringan tulang punggung serat optik untuk menghubungkan Indonesia melalui Proyek Palapa Ring.

“Yang kita bangun adalah backbone. Aksesnya kita harapkan oleh operator,” katanya dalam acara Penandatanganan dan Penyerahan Surat Efektif Perjanjian Kerjasama Proyek Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Nasional Palapa Ring Paket Timur di gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (29/03/2017).

Ia menambahkan, Pemerintah memberikan discount besar bagi operator yang tertarik untuk membangun akses ini, dan pihaknya berharap pembangunan akses tersebut oleh operator tak hanya dapat dilakukan dengan biaya yang murah, namun juga dengan lebih efisien dan lebih cepat. 

“Backbonenya kita sediakan, aksesnya sharing. Itu konsekuensi kita membangun lebih cepat dan lebih murah,” katanya.

Ia mengklaim, proses pembangunan Proyek Palapa Ring Paket Barat telah rampung 60%, sementara Paket Tengah baru berjalan 10-12%, dan Paket Timur dananya sudah siap, tinggal dikerjakan. 

Ia menegaskan, proyek ini memiliki arti penting dalam meningkatkan akses broadband di Indonesia. 

“Indeks ICT kita di bawah Brunei. Versi ITU kita di nomor enam. Kalau versi infrastrukturnya kita nomor empat. Kelemahan kita adalah dalam fixed broadband. Mobile broadband kita mentok di angka 10, tapi fixed broadband kita hanya di angka 1,5 atau 2. Jadi, kita harus genjot fixed broadband,” katanya.

Inisiasi pembangunan jaringan tulang punggung serat optik diharapkan dapat memicu bank agar lebih agresif untuk melakukan pembiayaan. Apoalagi karena dalam waktu yang tidak lama lagi, Kominfo akan punya proyek yang lebih besar lagi, karena membangun backbone belum menyelesaikan masalah, terutama bagi daerah-daerah yang remote. 

"Kita harus membangun satelit (High Throughput Satellite). Prosesnya akan kita mulai semester II. Penetapan pemenang lelangnya pertengahan 2018 dan meluncur tahun 2021, sehingga tahun 2021 mungkin akan menjadi High Throughput Satelilte Pertama yang Indonesia,” katanya.

Selengkapnya, KLIK DI SINI.  (sumber: Kominfo)

Share:

1 komentar:



  1. Kepada Yth,
    PERUSAHAAN BUMN /SWASTA
    Di Jakarta

    From : Mustafa Akbar Contact : 0812-7472-0264
    Gmail : mustafa.gpi17@gmail.com

    Sifat Dasar Usaha: MELAYANI PENERBITAN BANK GARANSI & ASURANSI (TANPA AGUNAN)Penjelasan Ringkas!!

    Surety Bond & Bank Garansi adalah suatu bentuk penjaminan dimana Surety ( perusahaan asuransi) atau Bank menjamin Principal ( kontraktor/ vendor/ supplier) akan melaksanakan kewajiban atas suatu prestasi/ kepentingan kepada Obligee sesuai kontrak/ perjanjian antara Principal dan Obligee.

    Jaminan Penawaran ( Bid Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal yang telah dinyatakan sebagai pemenang tender tidak bersedia menanda tangani kontrak atau tidak dapat menyerahkan jaminan pelaksanaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh Obligee. Nilai jaminan berkisar antara 1 % sd. 3 % dari harga penawaran

    Jaminan Pelaksanaan ( Perfomance Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal yang telah menandatangani kontrak pelaksanaan kerja, mengundurkan diri atau memutuskan kontrak secara sepihak atau bersama-sama dari kedua belah pihak yaitu antara Obligee dengan principal. Nilai jaminan berkisar antara 5 % sd. 10 % dari Nilai Proyek.

    Jaminan Uang Muka ( Advance Payment Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal tidak dapat mengembalikan atau memperhitungkan uang muka yang telah diterima pada awal kontrak kepada Obligee sampai dengan proyek selesai.Nilai jaminan berkisar antara 10 % sd. 20 % dari Nilai Proyek.

    Jaminan Pemeliharaan ( Maintenance Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal tidak melaksanakan kewajibannya memperbaiki kerusakan yang terjadi setelah pelaksanaan pekerjaan selesai sesuai ketentuan dalam kontrak. Nilai jaminan berkisar antara 5 % sd. 10 % dari Nilai Proyek.

    Periode Jaminan ( Insurance Period) : Jangka waktu Surety Bond sesuai dengan jangka waktu perjanjian / kontrak yang dibuat antara Penerima Jaminan ( Obligee) dengan Terjamin ( Prinsipal).

    Terimakasih.
    Salam,
    From : Mustafa akbar
    Div.Pemasaran

    Contact : 0812-7472-0264
    Gmail : mustafa.gpi17@gmail.com

    Hormat Kami,
    PT. GLOBAL PERSADA INDONUSA
    Head Office ; Utan Kayu Utara, JL. Nangka No. 20 - Utan Kayu Kec. Matraman - Jakarta Timur
    Telp ; ( 021 2962 1873, 8591 5293 ) Fax ; ( 021 2962 1878.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview