Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Senin, 27 Maret 2017

APU Honeywell Jadi Kelengkapan Standar Pesawat A320

JAKARTA, ASPEKTI-  Perangkat auxiliary power unit (APU) buatan Honeywell kini menjadi kelengkapan standar di seluruh pesawat Airbus A320

APU adalah "mesin" kecil yang berfungsi layaknya generator penyuplai daya di pesawat saat mesin tidak bekerja.

APU biasa dinyalakan di darat untuk memasok daya listrik saat mesin pesawat belum dinyalakan. Letaknya berada di ekor pesawat, di bawah sayap tegak (vertical stabiizer).

Alat ini antara lain berguna untuk menyalakan pendingin udara (AC) saat penumpang masuk ke kabin, atau memasok daya yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin pesawat. Juga memberikan cadangan listrik untuk kebutuhan kabin, kokpit, serta sistem hidraulik saat terbang.

APU buatan Honeywell yang kini menjadi kelengkapan standar di pesawat Airbus A320 adalah jenis 131-9A.

Sebelumnya, pembeli pesawat Airbus A320 diberi opsi untuk memilih jenis APU yang ingin mereka gunakan, namun kini APU 131-9A buatan Honeywell telah menjadi standar di seluruh pesawat narrowbody andalan Airbus tersebut.

"Honeywell bersama dengan Airbus menawarkan kustomer A320 dengan APU yang efisien, aman, dan nyaman untuk menunjang pengalaman penumpang saat terbang," kata Brian Sill, President Engines and Power Systems Honeywell Aerospace dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/3/2017).

Honeywell sendiri baru saja mengirimkan APU 131-9A yang ke-5000 untuk Airbus. Ini menandai jumlah APU keluarga 131-9 menjadi 11.000 unit dengan total 11 juta jam terbang.

Keluarga APU 131-9 selain digunakan oleh Airbus di pesawat A320 juga digunakan oleh Boeing di seri B737-nya.

APU ini memiliki logic troubleshooting sendiri dan mampu memonitor kerusakan dalam sistemnya, agar pemeliharaan bisa dilakukan lebih intuitif. (sumber: Kompas.com)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview