Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Sabtu, 25 Maret 2017

Soal Konflik Transportasi Online, KPPU; Pemerintah Harus Tegas

JAKARTA, ASPEKTI- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) meminta pemerintah untuk mengambil sikap tegas dalam pengaturan jasa transportasi.

Hal ini disampaikan menyusul kian memanasnya persaingan antara bisnis transportasi berbasis aplikasi atau transportasi online, dengan transportasi konvensional. Bahkan mulai melebar ke berbagai daerah di Tanah Air. 

"Saat ini kebijakan pemerintah untuk angkutan konvensional dan angkutan online masih belum seragam. Misalnya, menyoal kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi sebagai syarat angkutan, seperti pajak dan uji kelayakan kendaraan," ujar Ketua KPPU Syarkawi Rauf seperti dilansir detikNET, Sabtu (26/3/2017). 

Ia mencontohkan adanya kewajiban bagi angkutan konvensional yang lebih berat dibanding angkutan berbasis aplikasi, sehingga tarif angkutan konvensional lebih mahal dibanding tarif transportasi online, dan para membuat pelaku usahanya sulit bersaing. 

BERITA TERKAIT

Alhasil, kata dia, adalah hal yang wajar jika kemudian muncul tuntutan dari pelaku transportasi konvensional agar transportasi online yang juga terdiri dari ojek dan taksi tersebut ditertibkan. 

"Regulasi yang digunakan, baik untuk angkutan konvensional maupun online, harus sama, sehingga masing-masing pelaku usaha bisa bersaing satu sama lain," imbuhnya.

Selain soal regulasi, pemerintah juga diminta tegas dalam memberikan sanksi kepada semua pelaku usaha yang melanggar peraturan, baik pengusaha transportasi online maupun konvensional, agar tidak memicu kecemburuan sosial yang dapat berakibat buruk bagi bisnis transportasi di Indonesia.

"Dengan perlakuan yang sama, seluruh pelaku usaha akan merasa mendapatkan perlakuan yang sama," pungkas Syarkawi. (man)
Share:

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari POKERAYAM. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk memiliki Harta, Mobil Mewah, Rumah Mewah atau Istri Muda ?
    Jika anda ingin yang kami maksud seperti diatas, anda dapat mengunjungi kami di www(titik)pokerayam(com) banyak kisah sukses bersama kami
    Hanya Modal 10 ribu anda bisa mendapatkan Kekayaan dalam hitungan detik, Bukan Sulap Bukan Sihir ini memang nyata !!!
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview