Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Rabu, 26 April 2017

Workshop Smart City, Wujudkan E-Government Terintegrasi Menuju Satu Data

BANDUNG, ASPEKTI- Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika, Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo pada Selasa (25/4/2017) hingga  Kamis (27/4/2017) menggelar Workshop eGovernment and Smart City for Executive Government di Bandung, Jawa Barat. 

"Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Smart City and Community Inovation Center (SCCiC) ITB yang dipimpin Suhono Harso Supangkat, dan diikuti oleh 75 orang ASN Eselon 3 dari 15 Pemerintah Kota dan Kabupaten yang sedang merancang dan mengembangkan e-government dan smart city di seluruh Indonesia," ujar Kominfo melalui laman resminya, Rabu (26/4/2017).

Dalam laporan pembukaan, Kepala Pusbang Litprof SDM Informatika Hedi M Idris menyampaikan, tujuan kegiatan itu untuk memberikan pemahaman mengenai dinamika dan persoalan ICT Government dan Management, Co-Creation dan pembangunan smart city, serta proses analisa kota melalui Big Data serta pemanfaatan media, inovasi dalam mengembangkan solusi atas permasalahan perkotaan serta proses pengembangan road map smart city/regency.

Pada akhirnya workshop ini diharapkan dapat menghasilkan pejabat eselon III yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi juga mampu menunjukkan kinerjanya dalam mendukung kebijakan strategis dengan level Administrator, memimpin perubahan dan mengembangkan inovasi pengelolaan kota. 

Sementara bentuk kegiatan workshop ini dikembangkan dengan mengadopsi prinsip pembelajaran melalui teori, praktek, diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi.

Deputi Menteri PPN/Ketua Bapenas Bidang Polhukam Slamet Soedarsono dalam keynote speech-nya menyatakan, saat ini Pemerintah Indonesia sedang mewujudkan e-Government yang terintegrasi, dengan langkah yang akan dilakukan; pertama, mendefinisikan kembali fokus pelaksanaan e-government untuk tahun 2017, 2018, dan 2019.

Kedua, mereview alokasi anggaran pemerintah untuk memungkinkan terjadinya efisiensi pemanfaatan anggaran egovernment; dan ketiga, efisiensi/optimalisasi pelaksanaan e-government, di seluruh kementerian/lembaga dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Ia juga menyatakan bahwa Bappenas sangat mendukung workshop yang dilaksanakan ini karena merupakan salah satu pilar untuk mewujudkan hal tersebut.

Selengkapnya KLIK DI SINI. (man)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview