Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Jumat, 24 Maret 2017

Jarang Di-update Pengguna, 10 Aplikasi Ini Rentan Diserang Malware

JAKARTA, ASPEKTI- Bagaimana perasaan Anda jika software komputer diserang malware atau bahkan virus, di saat kesibukan Anda sedang menumpuk?

Bisa jadi karena Anda lupa memproteknya, atau bahkan abai ketika disarankan untuk melakukan update.

Hasil penelitian perusahaan penyedia antivirus Avast dengan menggunakan fitur Automatic Software Updater yang ada pada software AVG TuneUp, menunjukkan, sedikitnya ada 10 aplikasi software yang telah kadaluarsa, namun masih digunakan oleh 116 juta komputer dari lebih 200 juta komputer (52%) yang didata dari berbagai negara di dunia.

Ke-10 software tersebut adalah Java (Runtime 6 dan 7), Flash Player (Active X), Foxit Reader, GOM Media Player, Nitro Pro, WinZip, DivX, Adobe Shockwave Player, 7-ZIP, dan Firefox.

BERITA TERKAIT

Dari ke-10 aplikasi itu, Java menempati urutan teratas sebagai software yang paling jarang diperbarui. Framework populer untuk web dan beberapa aplikasi desktop ini diketahui dipakai oleh 24 juta pengguna komputer dengan masih menjalankan Java Runtime 6 dan 7 yang notabene sudah usang, sementara 26 juta penggunanya telah menggunakan versi terbaru, yakni Java 8, dan 70% pengguna belum menginstal rilis update terbaru.

"Di dunia online, kebiasaan keamanan Anda seperti menjaga aplikasi agar selalu diperbarui sangat berperan besar dalam tingkat perlindungan Anda di Internet," ujar Ondrej Vlcek, Chief Technology Officer, GM and EVP Consumer Business Avast dalam emailnya kepada media, Jumat (24/3/2017).

Diakui, menjalankan aplikasi usang membuat pengguna komputer rentan terhadap serangan hacker yang paham mengeksploitasi celah keamanan yang mudah ditemukan atau lawas. 

Ada beberapa penyebab mengapa pengguna masih menggunakan aplikasi usang, antara lain mungkin karena pembaruan tidak terinstal dengan baik, atau dengan sengaja menundanya karena suatu sebab, atau bisa juga lupa meski telah diperingatkan.

Karenanya, pengguna disarankan agar senantiasa memperbarui aplikasi di komputernya. (man)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview