Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Senin, 27 Maret 2017

Rebut Pasar Indonesia, Grab Siapkan Rp 9,3 Triliun

JAKARTA, ASPEKTI- Perusahaan layanan transportasi berbasis aplikasi Grab berencana meningkatkan pendanaannya hingga lebih dari US$1,5 miliar atau setara dengan Rp20 triliun, dengan didukung SoftBank Group Corp.

"Sumber yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan, SoftBank telah menjanjikan sekitar US$1 miliar (sekitar Rp13,3 triliun) yang dananya bersumber dari dua perusahaan, yakni Tiger Global Management dan GGV Capital," demikian dikutip dari Bloomberg, Senin (27/3/2017).

Belum jelas apakah dana yang akan digelontorkan tersebut berasal dari perusahaan Jepang itu sendiri atau dari SoftBank Fund. 

Meski demikian, dengan adanya penambahan tersebut, maka Grab dapat memecahkan rekor sebagai perusahaan jasa layanan transportasi online terbesar di Asia Tenggara setelah sebelumnya, pada September 2016, mendapatkan suntikan dana hingga US$750 juta atau setara dengan Rp9,8 triliun, sehingga valuasinya meningkat menjadi lebih dari US$3 miliar atau setara dengan Rp40 triliun.

Grab yang pekan ini mengumumkan rencana untuk memperluas wilayah operasionalnya di Indonesia yang merupakan negara ketujuh yang masuk wilayah kerjanya, tengah berpacu dengan PT Uber Indonesia dan PT Go-Jek Indonesia demi merebut pangsa pasar di seluruh kota di negara ini, dan menghidupkan bisnisnya dengan platform pembayaran yang baru.

Untuk memenangkan persaingan tersebut, Grab menginvestasikan dana hingga US$700 juta atau sekitar Rp9,3 triliun di Indonesia hingga empat tahun ke depan. 

Indonesia masuk prioritas karena dengan penduduk mencapai 260 juta orang, negara ini dianggap sebagai pangsa pasar terbesar Grab, dan tahun lalu di negara ini Grab membukukan pertumbuhan lebih dari 600%.

Hingga dua tahun ke depan, Grab berencana mempekerjakan lebih dari 800 staf yang bekerja di pusat penelitian dan pengembangan, termasuk staf di fasilitas baru yang berlokasi di Bangalore dan Kota Ho Chi Minh.

Perusahaan ini telah mengatakan bersedia menyisihkan sebesar US$100 juta untuk membiayai tahap awal startups mobile dan teknologi layanan  keuangan di Indonesia.

Penggalangan dana yang diterima Grab pada September juga dipimpin oleh SoftBank. (man)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview