Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Senin, 27 Maret 2017

Uji Coba Alami Kecelakaan, Uber Tunda Proyek Mobil Otonom

JAKARTA, ASPEKTI- Uber memutuskan untuk menunda program percobaan kendaraan otonomnya setelah salah satu mobil perusahaan transportasi online di Amerika Serikat itu mengalami kecelakaan di Tempe, Arizona.

"Penundaan itu dikonfirmasi Uber dan polisi setempat," demikian dikutip dari BBC, Senin (27/3/2017).

Dari foto yang diposting ke Twitter terlihat, mobil Volvo SUV yang digunakan Uber terguling dengan sisi kiri berada di atas, sementara mobil lain yang terlibat kecelakaan dengannya mengalami penyok di bagian kanan.

Selain terguling, Volvo milik Uber juga mengalami pecah pada kaca jendela.

Tidak ada korban dalam kecelakaan yang terjadi pada Jumat (24/3/2017) waktu setempat itu, namun Uber memutuskan untuk menghentikan sementara proyek mobil otonomnya yang digadang-gadang bakal menjadi solusi transportasi di masa depan.

"Kecelakaan itu terjadi saat kendaraan yang terlibat kecelakaan dengan mobil Uber akan membelok ke kiri. Kami masih menyelidiki apakah pengemudinya kehilangan kendali atau yang ada sebab lain," ujar Josie Montenegro, juru bicara kepolisian Tempe, Arizona

Menurut data, sejauh ini Uber telah melakukan uji coba di tiga negara bagian dimana perusahaan rintisan di bidang teknologi (startup) ini beroperasi, yakni Pennsylvania, California dan Arizona.

Kecelakaan ini memperpanjang pekan yang penuh gejolak bagi perusahaan layanan jasa transportasi berbasis aplikasi tersebut, setelah beberapa kabar negatif tentang praktik kerja yang diskriminatif terhadap perempuan, dan pernah dikritik karena menggunakan alat bernama Greyball agar tak tertangkap pihak berwajib.

Sejumlah eksekutif Uber bahkan telah mengundurkan diri dalam beberapa pekan terakhir, termasuk Presiden Uber Jeff Jones.

Terakhir, Uber digugat Waymo, divisi mobil otonom induk usaha Google, terkait pencurian desain komponen penting dari mobil otonom, yaitu light detection and ranging (lidar). 

Namun Uber mengklaim, tudingan itu tak berdasar. (man)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview