Asosiasi Perusahaan dan Konsultan Telematika Indonesia

Memuat...

Sabtu, 25 Maret 2017

Aplikasi Perikanan Indonesia Ekspansi ke Thailand dan Bangladesh

JAKARTA, ASPEKTI- Aplikasi perikanan eFishery buatan Indonesia bakal dibawa ke Thailand dan Bangladesh sebagai proyek percontohan. 

Proyek ini merupakan hasil kerja sama Cybreed selaku pengembang eFishery, dengan Winrock International, USAID, dan Universitas Kasetsart Thailand.

"Proyek ini bertujuan untuk menjajaki penerapan teknologi eFishery di kedua negara tersebut," ujar CEO Cybreed, Gibran Huzaefah, seperti dilansir BBC, Sabtu (25/3/2017).

Diakui, proyek ini memang masih bersifat pra-komersial, namun merupakan langkah awal untuk ekspansi ke negara lain, dan sekaligus untuk membuktikan bahwa Cybreed tak hanya dapat membangun membangun model kerja sama dengan mitra lokal, namun juga dapat ekspansi ke negara lain dalam beberapa tahun ke depan.

eFishery merupakan aplikasi pemberi pakan ikan otomatis berbasis Android yang dikembangkan oleh Cybreed. Ide di balik eFishery ialah pemberian pakan secara terjadwal dan sesuai takaran.

Selama ini dalam usaha budidaya ikan, biaya yang dikeluarkan pemilik kolam untuk pakan dapat mencakup 60-70% total biaya produksi. Pemberian pakan dengan cara tradisional yang selama ini dilakukan petani dalam pembudidayaan, yakni dengan menggunakan tangan atau hand-feeding, dinilainya tidak efisien.

"Saat hand-feeding, pemberian pakannya itu langsung dilempar dalam jumlah yang banyak. Misalnya satu ember langsung dilempar ke kolam. Saat pakan terendam dalam air, beberapa nutrisi bisa hilang hingga 98% dalam waktu satu jam. Jadi, pakan yang dikasih dimakan oleh ikannya, tapi nutrisinya sudah enggak ada," jelas Gibran.

Dengan memberi pakan yang terjadwal dan sesuai takaran dengan menggunakan eFishery, lanjut dia, telah terbukti dapat menurunkan jumlah pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu kilogram daging atau food convertion ratio (FCR) hingga 2%.

Dengan kata lain, dengan menggunakan eFishery, pemberian pakan dalam budidaya ikan menjadi lebih efisien. (man)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terpopuler

Arsip

Pageview